Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah satu di antara  bentuk komunikasi  yang menggunakan lisan dan tulisan dalam penyampaiannya. Alat yang digunakan dalam melakukan komunikasi ini adalah bahasa yang keluar sebagai ucapan atau tulisan. Cara komunikasi ini efektif jika orang yang berinteraksi paham dan mengerti bahasay ang dipakai. Pengertian lain menyebutkan bahwa komunikasi berbal merupakan jenis komunikasi yang menggunakan perangkat simbol yang merupakan bentuk sederhana dari bahasa.


Bila ada komunikasi verbal berarti ada komunikasi non verbal dong? Jawabnya, ya.

Komunikasi non verbal merupakan jenis komunikasi yang tidak menggunakan bahasa secara langsung. Dia menggunakan bahasa tubuh atau bahasa isyarat. Komunikasi non verbal tidak memiliki struktur yang standar seperti bahasa tetapi menggunakan interpretasi dan logika antara komunikator dan komunikan sehingga mereka bisa memahami satu sama lain. Contohnya melambaikan tangan dapat diartikan sampai jumpa lagi atau selamat tinggal.


Dalam keseharian, seseorang dapat menggunakan 2 jenis komunikasi ini sekaligus. Terkadang komunikasi non verbal digunakan untuk memperkuat komunikasi verbal.


Apa saja contoh komunikasi non verbal?

1. Ekspresi wajah

Ekspresi wajah menjadi hal yang sangat penting bila anda menggunakan komunikasi tatap muka, baik melalui video call ataupun tatap muka langsung. Bahkan seseorang dapat mengetahui apakah perkataan seseorang ini benar atau bohong melalui ekspresi wajah atau tatapan matanya.

2. Gestur

Gestur tubuh juga menjadi salah satu penguat dalam komunikasi verbal. Anda tentu tidak nyaman bila saat berbicara dengan orang lain gestur tubuh seseorang terlihat acuh, melipat tangan, atau kepalanya menunduk kebawah terus. 

3. Bahasa tubuh atau postur.

Postur tubuh orang yang terlihat lunglai, loyo menandakan seseorang ini sedang tidak semangat. Apalagi bila duduk dengan gaya selonjor atau badannya digerakkan secara terus menerus seolah-olah ingin mengakhiri percakapan denganmu.

4. Sentuhan

Sentuhan kepada yang teman bicara salah satu bentuk komunikasi non verbal. Misalkan teman kita menceritakan kisah sedih, maka selain memberikan kalimat motivasi, anda dapat mengusap punggung atau menepuk punggungnya sebagai bentuk dukungan agar masalahnya dapat teratas.


Terinspirasi dari materi Kak Rhein tentang komunikasi non verbal di grup I love Monday, oleh CSLO Lumbung Ilmu Ibu Profesional


0 comments:

Post a Comment