TBI New Team

 Akhir bulan 2023 lalu, Teras Berdaya Indonesia (TBI) mendapat anggota team baru. Dari 7 orang yang melamar, akhirnya menjadi 5 orang yang bertahan setelah dilakukan pendalaman interview.

Buat saya, 5 orang ini sudah lebih dari cukup. Mendapatkan satu saja rasanya sudah berkah, apalagi dapat bonus 4 orang. Luar biasa !!!


Mereka adalah mba Prima,  uni Nisa, mba Riza,  teh Fia dan mba Bila. Semuanya tidak satu member Ibu Profesional dan tidak satupun kami berada dalam satu regional yang sama. Mb Prima domisili di kota Solo, Uni Nisa nah ini jelas ada kata uni merupakan panggilan dari wanita di Padang, mbak Riza domisili Kediri, teh Fia dari asal kota mojang priangan alias bandung dan mba Bila dari daerah sidoarjo mojokerto. 


Wah kebayang nih kalau tim TBI ngariung alias berkumpul, bakal ramai karena berasal dari berbagai daerah. Tim baru TBI ini akan menempati posisi sebagai tim konten. Ada yang fokus di tim grafis dan videografis, ada juga yang di isi konten dalam bentuk tulisan. 


Alhamdulillah banget.

Pengalaman dalam membangun tim ini, biasanya tahap pertama adalah membangun bonding. Menanyakan kabar dan aktivitas saat ini,  Jika suasana sudah lebih cair, maka komunikasi akan menjadi lebih lancar. Untuk koordinasi, kami usahakan dalam sepekan bertemu untuk melalui Whatsapp call group untuk membahas program 1 pekan kedepan. 


Menurut saya dalam membuat tim kerja ada dua hal yang penting untuk dipelajari yaitu komunikasi terbuka dan koordinasi. Apalagi bila pekerjaan yang kita lakukan bergantung dengan aktivitas orang lain. Dalam kerja tim yang mengandalkan komunikasi online dan verbal, clarify and confirm (CNC) sering saya lakukan. Jangan sampai kalimat-kalimat ambigu yang dibaca ini kita terjemahkan dengan imajinasi liar tanpa konfirmasi ulang.

Semoga tim baru ini mampu memberi warna kepada kaum perempuan khususnya perempuan Indonesia untuk lebih berdaya dengan potensinya masing-masing.

Oh ya jika ingin tahu lebih jauh tentang Teras Berdaya Indonesia dapat dilihat di website kami di https://sites.google.com/view/TerasBerdayaID 




0 comments:

Post a Comment