PAHAMI MASALAHMU

Siapa sih yang tak punya masalah? Saya - anda - mereka pasti punya masalah. 

Tapi adakah yang bisa cinta dengan masalahnya? Yang ada kita malah ingin menjauh dari masalah-masalah itu. Iya kan......

Tapi seberapa kuat usaha kita menghindari suatu masalah, hanya menunggu waktu, dia akan datang mendekat.

Dimateri ke-3 ini, mahasiswi bunda salihah diajarkan bagaimana mengenal permasalahan mereka lebih mendalam. Dari problem statement yang saya coba diskusikan dengan tim inti saya (suami), bagaimana kami bisa merdeka dan bahagia dengan seluruh aktivitas  ternyata masalahnya ada di manajemen waktu yang tidak konsisten dan terukur. Manajemen waktu yang "buruk" ini menyebabkan saya gagal menentukan prioritas tugas, sehingga menciptakan stress yang saya tidak sadari.


Setiap orang memiliki waktu yang sama, 24 jam saja.

Tapi mengapa ada yang bisa optimal dengan waktu 24 jam, ada yang tidak?

Setelah diskusi panjang tersebut  maka kami  mengambil masalah mengenai manajemen waktu (time management / TM) yang belum konsisten sebagai problem statement. 


Penggalian masalah menggunakan starbursting  (What, Where, Where, Who, Why, How) tentang Manajemen Waktu selanjutnya kami singkat dengan TM.


What
  1. Apa yang dimaksud dengan manajemen waktu (TM) ?
  2. Apa saja yang perlu perlu dikelola dalam TM?
  3. Apa manfaat melakukan TM?
  4. Apa parameter sebuah TM berhasil dilakukan?
  5. Apa TM dapat dilakukan disemua aktivitas?
  6. Apa perlu skill untuk melakukan TM?

Where
  1. Dimana TM bisa dipelajari?
  2. Dimana TM bisa diterapkan?


Who
  1. Siapa saja yang bisa menggunakan TM?
  2. Siapa saja yang dapat merasakan manfaat TM?
  3. Siapa yang merasakan kerugian bila TM tidak dilaksanakan?
  4. Siapa saja yang dapat mengajarkan TM?

When
  1. Kapan waktu yang tepat sebuah TM dilakukan?
  2. Kapan TM perlu diubah atau dilanjutkan?
  3. Kapan TM dianggap berhasil dikerjakan?

How
1. Bagaimana membuat metoda sebuah TM?
2. Bagaimana mengevaluasi kinerja sebuah TM?


Why
Kami menggunakan mekanisme 5 whys untuk menggali akar pemasalahan yang lebihd alam.
1. Mengapa waktu perlu dikelola?
    Agar waktu yang dimiliki lebih tertata dengan baik.
2. Mengapa waktu harus ditata dengan baik?
    Seseorang bisa mengukur waktu yang dimilikinya apa cukup untuk melakukan berbagai kegiatan.
3. Mengapa seseorang perlu mengukur waktunya?
    Agar dia dapat menentukan prioritas  aktivitasnya?
4. Mengapa seseorang perlu mengetahui prioritas aktivitasnya?
    Agar seseorang dapat memilih aktivitas mana yang didelegasikan, ditunda, dan dikerjakan.
5. Mengapa seseorang perlu memilih aktivitasnya?
    Agar dia lebih produktif dan berdaya.


Bila permasalahan ini dikaitkan dengan program yang ada di SDGS maka berhubungan dengan  poin no.4 yaitu pendidikan berkualitas. Diharapkan bila permasalahan ini dapat diatasi, akan menaikkan produktivitas sehingga finansial mandiri dapat teratasi.




#bundasalihahbatch2

#institutibuprofesional

#darirumahuntukdunia

#bersinergijadiinspirasi



0 comments:

Post a Comment