MULTIMEDIA 2 - GOOGLE SHEET

Gbr.1 Membuat Google Sheets
Kali ini saya akan share bagaimana membuat laporan cashflow sederhana melalui google sheet (Gbr.1). Penting banget nih buat kami sekeluarga, dalam perencanaan anggaran untuk menabung atau merencanakan liburan 😊
Pertama buka google drivenya. Lalu buat new google sheet. Aplikasi ini sama seperti microsoft excel yang terdiri dari kolom dan baris.
Gbr.2 Tampilan Google Sheet

Pertama : Di sheet pertama buatlah tabel laporan cashflow seperti di sheet 1 terdiri dari Bulan, Tanggal, Kategori, Item, Masuk (-)/Keluar (+), dan saldo (Gbr.2).
Gbr.3 Pos Kategori Anggaran
Saya menambahkan "Kategori" karena setiap kegiatan di cashflow saya kategori dalam beberapa pos nama kegiatan utama agar nanti mudah saya analisanya apakah sebuah pos anggaran sudah melewati batas perencanaan anggaran (Gbr.3)
Gbr.4 Membuat Sheet Baru

Kedua : Buat sheet baru dengan menekan simbol + di pojok kanan bawah. Disini saya membuat kategori pengeluaran dan pemasukan (Gbr.4)
Gbr.5 Penulisan Tiap Baris sesuai kolomnya


Ketiga : Kembali ke sheet 1, saya akan jelaskan cara mengisi tiap kolomnya ya. Saya ambil contohnya pada Gbr.3
Kolom Bulan, baris 4 ditulis rumus = month(B4) , artinya pada cell ini dia akan melihat data bulan yang terdapat di cell B4. Pada contoh karena cell 4 tertulis 7/7 (tanggal 7 bulan 7) maka nilai cell A4 = 7 (Bulan juli yang disimbolkan dengan angka 7)
Kolom Tanggal : Jelas. Penulisan formatnya tgl/bulan/tahun terkadang dituliskan bulan/tgl/tahun (bila menggunakan format amerika)
Kolom kategori : Jenis pos anggaran
Kolom Item : Nama pos anggaran
Kolom Masuk (-) / Keluar (+) : Saya menyatukan penulisan pengeluaran dan pemasukan dalam satu kolom untuk memudahkan analisa menggunakan fasilitas pivot.
Kolom Saldo : Pada baris kedua dituliskan (cell F2) dituliskan =-E2, utk cell kebawah F3=F2-E3

Nah bagaimana untuk baris Selanjutnya?
Gbr.6. Cara melakukan COPY PASTE
Teman-teman tinggal meng-copy rumus dibaris ketiga dan di-paste ke baris selanjutnya. Sebagai contoh saya meng-copy rumus saldo di cell F3, dengan menekan agak lama dicell tersebut hingga muncul tulisan "copy", akan muncul garis biru-biru seperti Gbr.3, lalu sorot baris dibawahnya sepanjang yang anda mau, lalu tekan agak lama hingga muncul tulisan "paste"

Analisa Laporan Cashflow

Analisa ini menggunakan fasilitas PIVOT yang ada pada google sheet. Sayangnya setelah saya melihat versi mobile ternyata fasilitas ini tidak ditemukan. Anda bisa menggunakan pivot bila membukanya melalui pc atau laptop. Tapi tenang saja, saya sudah membuatkan laporan cashflow ini dan bisa didownload melalui link ini.

Save di google drive dan pakai deh..  laporan online sudah ditangan kamu :)

Selamat mencoba ya .........

#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

0 comments:

Post a Comment