MULTIMEDIA 1 - GOOGLE DRIVE

GOOGLE DRIVE (GD)
Gbr.1 Logo Google Drive
Siapa yang tidak kenal google drive. Aplikasi ini merupakan bagian dari teknologi data cloud yang digagas oleh google untuk para penggunanya. Saya akan menjelaskan bagaimana memanfaatkan fasilitas cloud ini untuk menyimpan dan berbagi data.

Simbol google drive seperti pada Gbr.1. Pada perangkat lunak (hape merk samsung) yang saya pakai, sudah terinstall secara otomatis. Bila tidak, silahkan cari di playstore, ketik Google Drive.
Gbr.2 Tampilan awal GD

TAMPILAN GOOGLE DRIVE

Bila Anda membuka google drive, maka tampilannya seperti Gbr.2.

Pada Bagian 1, adalah recent file atau file terkini. Pada tampilan hape, biasanya hanya ditampilkan dua file yang terakhir dibuka.
Pada Bagian 2, adalah nama folder yang dibuat. Bila tidak pernah buat folder maka bagian ini akan kosong.
Pada Bagian 3, adalah nama file-file yang dibuka, diurutkan dari tanggal mengaksesnya.

Gbr.3 Mengupload Data Melalui GD
Untuk membuat data baru, anda bila mengklik logo warna biru dengan simbol + (lihat bagian kanan bawah, gbr.2) maka tampilan akan berubah seperti Gbr.3

Pada tampilan hape saya, ada pilihan menambahkan folder, upload (file dari data internal), scan (menggunakan kamera hape), dan membuat file baru untuk format excel, word, atau powerpoint (slide).

Anda bisa mencoba membuat file baru dengan mengklik google docs. Oh ya kalau di hapenya belum terinstall google docs, maka akan diarahkan menginstall aplikasi ini terlebih dahulu melalui playstore.

MENYIMPAN DATA

Gbr.4 Menyimpan Data di GD
Menyimpan data ada dua cara :
1. Akses langsung ke filenya. Pada Gbr.4 saya memakai contoh file mindset copywriting.pdf , lalu temukan tulisan “share” pilih ke “save to drive”. Maka ini akan tersimpan di google drive.
2. Buka google drive, lalu cari logo biru seperti pada Gbr.2, di klik pilih “upload”. Cari file yang akan di upload, lalu send/simpan.

MEMBAGI DATA (SHARING)

Berbagi data terasa bermanfaat bila data yang kita miliki perlu di askes oleh orang lain tanpa harus membawa flashdisk. Terkadang melakukan sharing data melalui medsos memiliki kendala dalam hal maksimal kapasitas file. Apalagi bila data tersebut sering diupdate dan harus diketahui oleh lebih dari satu orang.

Nah saya sekarang sering memakai fasilitas data sharing di GD ini.
Gbr.5 Cara berbagi akses data di GD
Caranya sebagai berikut :
1. Temukan data yang ingin disharing kepada orang lain. Pada contoh ini (Gbr.5) saya memakai file paytren.xls
2. Klik simbol tiga titik disamping nama file. Letaknya di sisi kanan dari nama file. Maka akan muncul pilihan seperti Gbr.5. Ada pilihan :
- add people : jika anda ingin berinteraksi lebih kompleks dengan orang lain terhadap file tersebut. Ini biasanya saya gunakan bila saya memerlukan updating data, dan fasilitas ini memiliki komen. Seperti chat dalam file.
- link sharing : jika anda ingin mengsharing datanya tanpa perlu di update. Bila Anda mengklik ini , maka orang yang terkirimkan link sharing (nama url) dapat menyimpan data tersebut.
- copy link : jika ingin menyalin nama url link untuk dibagikan ke orang lain.

Apabila jumlah filenya sudah sangat banyak, ada baiknya anda menampilkan file dalam bentuk grid, seperti Gbr.6 dengan cara menekan kotak-kotak di kanan atas pada tampilan GD.

Selamat mencoba ya…


Gbr.6 Tampilan file dalam bentuk GRID




#Tantangan10Hari
#Level12
#KuliahBunsayIIP
#KeluargaMultimedia

0 comments:

Post a Comment