Dont Teach Me, I Love to Learn


Kali ini saya mendapat tugas untuk memahami cara ananda Zee belajar.

Sebenarnya untuk apa sih anak-anak harus belajar?

Ada 4 hal penting yang menjadi tujuan anak-anak belajar yaitu :
a.Meningkatkan Rasa Ingin Tahu anak ( Intellectual Curiosity)
b. Meningkatkan Daya Kreasi dan Imajinasinya ( Creative Imagination)
c. Mengasah seni / cara anak agar selalu bergairah untuk menemukan sesuatu ( Art of
Discovery and Invention)
d.Meningkatkan akhlak mulia anak-anak ( Noble Attitude)

Sebagai seorang ibu, saya tidak bisa saja melepaskan tanggung jawab pendidikan anak pada sekolah. Apalagi saat ini Zee tidak kami masukkan ke sekolah formal.


Ternyata gaya belajar itu ada tiga jenis modal loh, dan bisa dikombinasikan.

Visual

Belajar dengan cara melihat

Modalitas ini mengakses citra visual, warna, gambar, catatan, tabel diagram, grafik,
serta peta pikiran, dan hal-hal lain yang terkait.

Lirikan keatas bila berbicara, berbicara dengan cepat. Bagi anak yang bergaya belajar visual,
mata / penglihatan (visual) memegang peranan penting dalam belajar, dalam hal ini metode
pengajaran yang digunakan ibu/guru sebaiknya lebih banyak / dititikberatkan pada peragaan /
media, ajak mereka ke obyek-obyek yang berkaitan dengan pelajaran tersebut, atau dengan
cara menunjukkan alat peraganya langsung pada siswa atau menggambarkannya di papan
tulis.

Anak yang mempunyai gaya belajar visual harus melihat bahasa tubuh dan ekspresi muka
gurunya/ibunya untuk mengerti materi pelajaran. Mereka cenderung untuk duduk di depan agar
dapat melihat dengan jelas. Mereka berpikir menggunakan gambar-gambar di otak mereka dan
belajar lebih cepat dengan menggunakan tampilan-tampilan visual, seperti diagram, buku
pelajaran bergambar, dan video.

Ciri-ciri gaya belajar visual
☀ Bicara agak cepat
☀ Mementingkan penampilan dalam berpakaian/presentasi
☀ Tidak mudah terganggu oleh keributan
☀ Mengingat yang dilihat, dari pada yang didengar
☀ Lebih suka membaca dari pada dibacakan
☀ Pembaca cepat dan tekun
☀ Seringkali mengetahui apa yang harus dikatakan, tapi tidak pandai memilih kata-kata
☀ Lebih suka melakukan demonstrasi dari pada pidato
☀ Lebih suka musik
☀ Mempunyai masalah untuk mengingat instruksi verbal kecuali jika ditulis, dan seringkali minta
bantuan orang untuk mengulanginya.

Strategi untuk mempermudah proses belajar anak visual
☀ Gunakan materi visual seperti, gambar-gambar, diagram dan peta.
☀ Gunakan warna untuk menghilite hal-hal penting.
☀ Ajak anak untuk membaca buku-buku berilustrasi. Gunakan multi-media (contohnya: komputer dan video).
☀ Ajak anak untuk mencoba mengilustrasikan ide-idenya ke dalam gambar.

Auditory

belajar dengan cara mendengar

Modalitas ini mengakses segala macam bunyi, suara, musik, nada, irama, cerita,
dialog, dan pemahaman materi pelajaran dengan menjawab atau mendengarkan lagu, syair,
dan hal-hal lain yang terkait.

Lirikan kekiri/kekanan mendatar bila berbicara. Anak yang bertipe auditori mengandalkan
kesuksesan belajarnya melalui telinga ( alat pendengarannya ), untuk itu maka ibu/ guru
sebaiknya harus memperhatikan siswa/anaknya hingga ke alat pendengarannya. Anak yang
mempunyai gaya belajar auditori dapat belajar lebih cepat dengan menggunakan diskusi verbal
dan mendengarkan apa yang guru/ibu katakan.
Anak auditori dapat mencerna makna yang disampaikan melalui tone suara, pitch (tinggi
rendahnya), kecepatan berbicara dan hal-hal auditori lainnya. Informasi tertulis terkadang
mempunyai makna yang minim bagi anak auditori dibandngkan dengan mendengarkannya.
Anak-anak seperi ini biasanya dapat menghafal lebih cepat dengan membaca teks dengan
keras dan mendengarkan kaset.

Ciri-ciri gaya belajar auditori
☀ Saat bekerja suka bicara kepada diri sendiri Penampilan rapi.
☀ Mudah terganggu oleh keributan
☀ Belajar dengan mendengarkan dan mengingat apa yang didiskusikan dari pada yang dilihat
☀ Senang membaca dengan keras dan mendengarkan
☀ Menggerakkan bibir mereka dan mengucapkan tulisan di buku ketika membaca
☀ Biasanya ia pembicara yang fasih, Lebih pandai mengeja dengan keras daripada menuliskannya
☀ Lebih suka gurauan lisan daripada membaca komik
☀ Mempunyai masalah dengan pekerjaan-pekerjaan yang melibatkan Visual
☀ Berbicara dalam irama yang terpola
☀ Dapat mengulangi kembali dan menirukan nada, berirama dan warna suara

Strategi untuk mempermudah proses belajar anak auditori
☀ Ajak anak untuk ikut berpartisipasi dalam diskusi baik di dalam kelas maupun di dalam keluarga.
☀ Dorong anak untuk membaca materi pelajaran dengan keras.
☀ Gunakan musik untuk mengajarkan anak.
☀ Diskusikan ide dengan anak secara verbal.
☀ Biarkan anak merekam materi pelajarannya ke dalam kaset dan dorong dia untuk mendengarkannya sebelum tidur.

Kinestetik

Belajar dengan cara bergerak, bekerja dan menyentuh

Modalitas ini mengakses segala jenis gerak, aktifitas tubuh, emosi, koordinasi, dan
hal-hal lain yang terkait.

Mari kita pahami gaya belajar tersebut secara detil, kita pahami ciri-cirinya dan bagaimana
strategi kita untuk mendampingi anak-anak dengan gaya belajarnya masing-masing.

Lirikan kebawah bila berbicara, berbicara lebih lambat. Anak yang mempunyai gaya belajar
kinestetik belajar melalui bergerak, menyentuh, dan melakukan. Anak seperti ini sulit untuk
duduk diam berjam-jam karena keinginan mereka untuk beraktifitas dan eksplorasi sangatlah
kuat. Anak yang bergaya belajar ini belajarnya melalui gerak dan sentuhan.

Ciri-ciri gaya belajar kinestetik
☀ Berbicara perlahan
☀ Penampilan rapi
☀ Tidak terlalu mudah terganggu dengan situasi keributan
☀ Belajar melalui memanipulasi dan praktek
☀ Menghafal dengan cara berjalan dan melihat
☀ Menggunakan jari sebagai petunjuk ketika membaca
☀ Merasa kesulitan untuk menulis tetapi hebat dalam bercerita
☀ Menyukai buku-buku dan mereka mencerminkan aksi dengan gerakan tubuh saat membaca
☀ Menyukai permainan yang menyibukkan
☀ Tidak dapat mengingat geografi, kecuali jika mereka memang pernah berada di tempat itu
☀ Menyentuh orang untuk mendapatkan perhatian mereka.
☀ Menggunakan kata-kata yangmengandung aksi.

Strategi untuk mempermudah proses belajar anak kinestetik
☀ Jangan paksakan anak untuk belajar sampai berjam-jam.
☀ Ajak anak untuk belajar sambil mengeksplorasi lingkungannya (contohnya: ajak dia baca sambil bersepeda, gunakan obyek sesungguhnya untuk belajar konsep baru).
☀ Izinkan anak untuk mengunyah permen karet pada saat belajar.
☀ Gunakan warna terang untuk menghilite hal-hal penting dalam bacaan.
☀ Izinkan anak untuk belajar sambil mendengarkan musik.

Dikutip sebagian dari materi 4 - IIP : Memahami Gaya Belajar Anak, Memahami dengan Benar

Sumber Bacaan:
Gordon Dryden and JeanetteVos, The Learning Revolution, ISBN-13: 978-1929284009
Barbara Prashing, The Power of Learning Styles, Kaifa, 2014
Institut Ibu Profesional, Bunda Sayang : Memahami Gaya Belajar Anak, GazaMedia, 201

Berikut hasil pengamatan saya untuk Ananda Zee selama menjawab tantangan 10 hari

Tanggal Aktivitas Visual Audio Kinestetis
07 Sep 2017 ✔ Mengunci pintu rumah.
✔ Mengucapkan assalamualaikum setiap masuk kerumah.
Ya
Ya
Ya
Ya
Ya
Tidak
08 Sep 2017 ✔ Melakukan "flash" setiap habis pipis atau buang air besar.
✔ Mematikan lampu kamar sebelum tidur.
Ya
Tidak
Tidak
Tidak
Ya
Ya
09 Sep 2017 ✔ Mandi lengkap: buka baju, mandi, sabunan, handukan, pake baju Ya Ya Ya
10 Sep 2017 ✔ Cuci kaki dan tangan sebelum tidurYa Ya Ya
11 Sep 2017 ✔ Mengembalikan mainan ketempat semula dengan rapiYa Ya Ya
12 Sep 2017 ✔ Mempersiapkan roti dengan coklat susu sendiri Tidak Ya Ya
13 Sep 2017 ✔ Bersikap bertemu dengan dokter : Salim, duduk tenang, menyampaikan sakitnya pada dokter, ucapkan terimakasih, salim kembali untuk pulang.Ya Ya Ya
14 Sep 2017 ✔ Mandi lengkap: buka baju, mandi, sabunan, handukan, pake baju
✔ Mengembalikan sepeda ke tempatnya dekat motor.
Tidak
Tidak
Ya
Tidak
Tidak
Ya
15 Sep 2017 ✔  Merapikan sepatu atau sendal ke tempat semula Tidak Ya Tidak
16 Sep 2017 ✔  Memakai sarung tangan Ya YaYa
17 Sep 2017 ✔ Menyetrika kain flanel dengan setrika mainan Ya TidakTidak
18 Sep 2017 ✔ Makan sendiri dimeja makan, menyimpan piring kotor di dapur dan mengambil remah nasi yang jatuh karena makan. Ya YaYa
19 Sep 2017 ✔  Naik motor dan duduk diboncengan belakang sendiri Ya TidakTidak
20 Sep 2017 ✔  Mandi lengkap: buka baju, mandi, sabunan, handukan, pake baju
✔  Mencuci gelas sendiri
Tidak
Ya
Ya
Tidak
Tidak
Ya
21 Sep 2017 ✔  Merapikan susunan bantal di tempat tidur, walau belum bisa rapi Tidak YaYa
22 Sep 2017 ✔  Mencuci sendal sendiri Ya YaYa
23 Sep 2017 ✔ Membuat sarapan Roti Ya YaYa

#Tantangan10Hari
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

0 comments:

Post a Comment