Small Wins

 


Rayakan kemenangan kecilmu, agar perjalanan jauhmu tak terasa berat.

Pernah gak sih kamu merasakan bahwa kamu terlalu keras pada dirimu sendiri sehingga tak menyadari beban stres yang dialami olehmu ternyata kamu ciptakan sendiri saja?
Perjalanan jauh mencapai cita dan impian ini melelahkan bila kita tidak menyadari untuk memberi jeda pada diri sendiri loh.
Pernah dengan istilah kemenangan kecil?

Saya mendapat istilah ini ketika mengikuti kelas bunda cekatan di Ibu Profesional (IP) dan kembali di ingatkan ketika ada diskusi untuk warga nagari IP regional yogyakata. Celebrate your Small Wins. Merayakan kemenangan kecil.
Small wins ini menekankan pentingnya memberikan apresiasi pada diri sendiri, tim atas sekecil apapun pencapaian yang dilakukan dalam perjalanan panjang mencapai tujuan akhir.

Tujuannya apa melakukan small wins?

Pertama untuk memberikan motivasi diri bahwa langkah kita tetap berjalan menuju tujuan. Kedua untuk meningkatkan percaya diri. Ketiga untuk mendorong kita melangkah maju.

Lalu apa manfaatnya bila seseorang melakukan small wins? 
  1. Memecah Tujuan besarnya menjadi tujuan kecil. Buatlah milestone dan tuliskan pencapaian apa yang ingin didapatkan ditiap milestone itu.
  2. Apresiasi dirimu bila berhasil mencapai tujuan ditiap tahapannya. Hal ini dapat mencegahmu mengalami stres dan keletihan lebih awal. Ada yang menyebutnya burn out.
  3. Dapat menjadi alat monitoring apakah dirimu mendekati tujuan besar atau tidak.
Small wins dapat dilakukan untuk segala aspek sepanjang ada target yang dituju.
 
Misalkan seorang ibu bertujuan menjadi sekolah yang utama bagi anak-anaknya. Dia dapat merayakan smalll winsnya bila berhasil bangun dan menyiapkan sarapan sebelum pukul 6 pagi. Atau dia merayakan keberhasilannya bila anaknya sudah berhasil didampingi murojaah ayat pendek. Apapun yang membuat ibu itu bahagia maka itu bisa masuk di small wins. Tidak perlu banyak indikasi. Maksimal 3 saja, dituliskan tiap hari dibuku. 
Maka ketika suatu saat sang ibu merasa mendapatkan tekanan dan dia membaca kembali kemenangan-kemenangan kecil yang pernah diraihnya maka ini bisa menjadi motivasi internal untuk kuat menghadapi tantangan.

Oh ya small wins ku hari ini
  1.  Membantu Kampus Ibu memahami konsep pengisian CSP. 
  2. Konsisten di hari ke-8 melakukan journaling 300 kata. 
  3. Menyelesaikan 3 desain video untuk pelaku usaha.

Kalau kalian, small wins hari ini apa?

0 comments:

Post a Comment