Makna INKLUSIFITAS

Memasuki zona #2 para guardians diajak lebih mendalami makna inklusiftas di Ibu Profesional,

Menurut KBBI, inklusif (in-klu-sif) artinya termasuk, terhitung dan merupakan serapan dari kata bahasa inggris, inclusive. 

Ibu Septi Peni sebagai founder Ibu Profesional yang juga menginisiasi gerakan ibu inklusif ini menyampaikan bahwa gerakan Ibu Inklusif adalah mengajak seluruh perempuan Indonesia, memberikan akses kualitas pendidikan  yang sama dengan berbagai latar belakang baik SARAT (suku, agama, ras, dan anggota tubuh) atau  ekonomi. Diharapkan mereka terlibat secara aktif di Ibu Inklusif.



Perlu dibahami inklusif  digunakan sebagai salah satu pendekatan untuk  membangun sebuah lingkungan yang terbuka.  Dan yang dibuka pertama kali adalah PEMIKIRAN memahami adanya perbedaan, melihat dari sudut pandang yang berbeda.  


Sudut pandang dari Ibu Inklusif adalah kita berusaha memahami monolog batin dalam diri kita melihat lingkungan berbeda yang kita lihat. Monolog batin ini terkadang menghasilkan bias dalam diri kita, sehingga kita perlu melatih diri untuk menghilangkan bias tersebut.


Ibu Inklusif juga percaya semua orang sempurna atas dirinya, dan lahir dengan derajat yang sama. Perbedaanya hanya pada ketakwaan ke  Allah ta'ala.


Ciri-ciri komunitas inklusif

  1. Memberikan akses yang sama pada setiap warganya tanpa terkecuali.
  2. Percaya pada setiap anggota sempurna pada dirinya. Setiap manusia lahir dengan derajat yang sama yang membedakannya hanyalah ketakwaannya kepada Sang Pencipta.
  3. Melihat sisi positif dari setiap anggota dan lebih mempertajam kekuatan anggotanya.
  4. Tidak mempertajam perbedaan SARAT (suku, agama, ras, dan anggota tubuh)
  5. Adanya internalisasi kegiatan inklusif dalam komunitas. 


Diharapkan dengan kehadiran ibu inklusif menjadi rahmat bagi semesta alam.


Inklusif adalah fitrah setiap manusia karena kita diciptakan berbeda-beda (Ibu Septi Peni Wulandani) 



#ibuinklusif #bootcampdutainklusif2023 #inklusifitas #inklusifitasibuprofesional #inklulisifitasalamsemesta #misicahayazona2 #bersinergijadiinspirasi


0 comments:

Post a Comment